Sunday, April 11, 2010

Manfaat Tomat ( lyopercisum esculentum )



Tomat merupakan salah satu sayuran yang paling populer, bahkan saat ini di Amerika dan Jerman orang - orang lebih memilih tomat untuk mereka bawa pada saat bekerja dan memakannya ketimbang apel atau jeruk. Tomat sebenarnya adalah keluarga buah, tapi dalam kehidupan sehari - hari lebih banyak disajikan sebagai sayur, inilah sebabnya kenapa tomat lebih cenderung disebut sayur ketimbang buah. Dalam 90 gr tomat mengandung 20 mg kalori, lemak 0 mg, lemak jenuh 0 mg, kolesterol 0 mg, sodim 10 mg, karbohidrat 4 gr, serat fiber 1 gr, protein 1 gr, vitamin A 10%, vitamin C 40%. Luarrr biasa...!!! sangat bagus jika dikonsumsi tiap hari.
Ada fakta menarik dari tomat..ternyata mengkonsumsi tomat lebih baik jika dimasak terlebih dahulu atau dihancurkan sebelum dimakan. Para peneliti menemukan lycopene yang dikeluarkan pada tomat tersebut lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu.
Manfaat dari tomat sangat banyak, tomat dapat mengobati diare, serangan empedu,gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Manfaat lainnya adalah sbb. :
1.    Membantu menurunkan resiko gangguan jantung
2.    Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan
3.    Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium
4.    Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia
5.    Mengurangi resiko radang usus buntu.
6.    Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
7.    Menghilangkan jerawat.
8.    Mencegah impotensi, meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan agresivitasnya
9.    Memulihkan fungsi lever
10.  Mengatasi kegemukan
Jadi tunggu apalagi..tomat merupakan solusi murah untuk kesehatan kita.

No comments:

Post a Comment