Monday, April 5, 2010

Manfaat Apel ( pyrus malus, linn )

Apel banyak mengandung zat dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Di dalam 100 gr buah apel terdapat kandungan Kalori 58 kalori , Hidrat arang 14,9 gr, Lemak 0,4 gr, Protein 0,3 gr, Kalsium 6 mg, Fosfor 10 mg, Besi 0,3 mg, Vitamin A 90 SI, Vitamin B1 0,04 mg , vitamin C 5 mg dan Air 84 %. Apel juga kaya akan mineral seperti magnesium, potesium, zat besi dan zinc.

Banyak sekali manfaat yang di dapat bagi tubuh kita jika mengkonsumsi buah apel secara rutin, diantaranya sebagai berikut.

1. Apel dapat mencegah penyakit jantung, stroke dan kanker paru - paru sampai 50% karena buah apel mengandung zat flavonoid.

2. Meningkatkan produksi kolesterol yang baik bagi tubuh dan sangat efektif melawan kolesterol jahat. Menurut penelitian dari Cornell University ternyata apel juga efektif melawan kanker usus besar.

3. Memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah dari penyakit flu

4. Apel ( khususnya apel hijau ) sangat berguna untuk menurunkan berat badan, karena mengandung banyak serat. Kandungan tanin dalam apel bermanfaat untuk mencegah kerusakan gigi.

5. Kandungan boron dalam apel membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon dikala menopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantungdan osteoporosis.

Selain beberapa hal di atas ternyata buah apel ( belum ada penelitian secara medis ) juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes jika direbus dengan 3 - 4 gelas air mendidih sampai tinggal kira 2 gelas, kemudian diminum setiap hari. Tidak ada salahnya jika anda yang memiliki penyakit diabetes mencobanya..

No comments:

Post a Comment